Daftar Tugas

Tugas Artikel

Daftar Tugas 12 Jan 2022

Cara Membuat Artikel: Definisi, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Para pelajar dan mahasiswa tentunya tidak bisa lepas dari jenis tugas satu ini. Ya, tugas artikel. Apakah kamu merasa kesulitan untuk membuatnya? Kalau iya, kamu ada di artikel yang tepat karena kami akan membantu kamu untuk mengerti mengenai apa ini artikel dan bagaimana cara untuk membuatnya. Yuk, langsung saja kita kupas tuntas!

1. Definisi Artikel

Pengertian Artikel

Menurut Rillan E. Wolseley artikel merupakan sebuah karangan tertulis yang panjangnya tidak dapat ditentukan, dimana tujuannya untuk menyampaikan gagasan maupun fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik, ataupun menghibur. Sedangkan menurut Sumandiria, artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya berupa opini tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembacanya.

Al – ‘Aqli juga memberikan pendapatnya mengenai artikel yang merupakan sebuah karya tulis yang dibuat oleh setiap disiplin ilmu serta masing-masing pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sarinya. Menurut KBBI, artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.

Melalui beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisi opini yang bertujuan untuk mendidik dan menghibur yang telah melalui proses kajian dengan tuntas.

Ciri-Ciri Artikel

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri dari artikel:

  • Ditulis dengan singkat, padat dan jelas serta langsung membahas isi.
  • Isi yang dimuat dan disampaikan dalam sebuah artikel berupa fakta.
  • Bersifat faktual serta informatif. Isi yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Menggunakan bahasa resmi dan baku untuk artikel tertentu.
  • Dapat memuat opini penulis, akan tetapi harus didukung dengan penelitian atau sumber yang benar.
  • Metode penulisan dilakukan secara sistematis.
  • Menggunakan kalimat yang logis dan lugas.

Fungsi dan Manfaat Artikel

Berikut merupakan fungsi dan tujuan dari penulisan sebuah artikel Bagi Penulis

  • Sebagai sarana bagi penulis untuk menyampaikan gagasan, ide atau kritikan.
  • Belajar berpikir secara sistematis, menulis yang baik dan benar.
  • Sebagai sarana untuk memperkenalkan gagasan, pemikiran serta diri pribadi ke publik
  • Belajar memahami tujuan menulis, serta berpikir kompetensi apa saja yang hendak dicapai.

Manfaat Artikel Bagi Pembaca

  • Sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengetahuan.
  • Sebagai sarana mengedukasi diri.
  • Sebagai sarana perbandingkan dalam melihat suatu topik atau isu permasalahan yang muncul di tengah masyarakat.

2. Jenis-Jenis Artikel

Artikel terdiri dari lima jenis yaitu sebagai berikut:

  1. Narasi Artikel ini merupakan jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contoh narasi; biografi, autobiografi, kisah pengalaman.
  2. Deskripsi Artikel deskripsi merupakan jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan tentang suatu hal kepada pembacanya, sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi.
  3. Eksposisi Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi mengenai suatu topik agar menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.
  4. Argumentasi Artikel argumentasi merupakan jenis artikel berupa karangan yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/ fakta sebagai alasan. Di dalam artikel argumentasi biasanya terdapat unsur opini dan data, serta fakta sebagai pendukung opini.
  5. Persuasi Artikel persuasi merupakan jenis artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh si penulis dalam karangannya. Artikel seperti ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanye, misalnya kampanye anti Narkoba yang isinya menjelaskan tentang bahaya Narkoba.

3. Struktur Artikel

Secara sederhana artikel dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu pembuka, isi, dan penutup

  1. Bagian pembuka berisi orientasi (tahap pengenalan) terhadap isi artikel yang akan dibahas.
  2. Bagian isi merupakan uraian penjelasan pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel.
  3. Bagian penutup, yaitu sebuah simpulan yang berisi kalimat kunci yang merangkum pembahasan ke dalam bentuk ringkas dan jelas.

4. Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat sebuah artikel yang baik dan benar:

  1. Tentukan Tema Tentukanlah tema yang spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca. Tetapkan juga tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.
  2. Rumuskan ide pokok atau masalah Gunakanlah outline atau kerangka ide pokok per paragrafnya. Jadi misalnya kamu ingin menerangkan masalah di paragraf pertama, contoh masalah di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, dampak di paragraf empat dan solusi di paragraf lima.
  3. Buatlah Kesimpulan Kesimpulan berisi rangkuman dari seluruh isi tulisan artikelmu, ya!

5. Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Untuk kamu yang mungkin memiliki kesibukan sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan riset mengenai topik yang diangkat atau mencari referensi pendukung, kamu dapat mempercayakan tugas mu kepada orang yang telah berpengalaman dalam membuat tugas. Ya, benar, joki tugas. Tak perlu khawatir karena tugasmu akan selesai dengan baik serta datamu dijamin tidak akan bocor, lho.

Bagi kamu yang tertarik, jasa joki tugas terbaik untuk menyusun artikel adalah Buatin Tugasku. Buatin Tugasku merupakan sebuah platform untuk membantu kamu menyelesaikan seluruh tugas sekolah atau kuliahmu dengan cepat, aman, berkualitas, serta tentunya murah. Buatin Tugasku akan menjadi teman tugas terbaikmu.

  • Share:

Jasa Joki Tugas Paling Murah, Cepat, dan Aman

Kepoin Sekarang