Daftar Tugas

Tugas Resume

Daftar Tugas 14 Jan 2022

Cara Membuat Resume: Definisi, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Resume adalah tugas yang sangat sering ditemui saat menjadi seorang siswa atau mahasiswa. Bagi beberapa orang resume merupakan tugas yang cukup berat dan membuat pusing. Kami akan membantu kamu untuk mengerjakan tugas resume dengan baik. Untuk itu, bacalah artikel ini hingga akhir.

1. Definisi Resume

Pengertian Resume

Mardella Savitri Murtisari (2020) menyatakan bahwa resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Dijelaskan juga bahwa dalam resume, yang ditulis hanyalah intisari atau pokok informasi namun tidak menghilangkan detil dari tulisan tersebut. Selain itu, resume memiliki arti sebagai sebuah ringkasan atau juga bisa sebuah rangkuman yang dibuat berdasarkan sebuah tulisan maupun sebuah karangan panjang, dengan cara hanya mengambil bagian pokok yang penting serta membuang seluruh rincian serta ilustrasi yang dirasa kurang penting.

Secara umum, resume diartikan sebagai ringkasan dari tulisan yang panjang. Resume juga diartikan sebagai daftar riwayat hidup singkat seseorang yang ditujukan untuk melamar pekerjaan.

Ciri-Ciri Resume

Ciri-ciri resume di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Merupakan ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang.
  • Hanya berisi intisari atau pokok permasalahan
  • Detail dari tulisan tidak hilang
  • Memuat materi yang penting dan berkualitas pada sebuah pembahasan.
  • Materi lebih sedikit dan dalam pembahasanya lebih menarik
  • Seringkali terdapat underline maupun huruf kapital dalam setiap judul
  • Bahasanya komunikatif serta lebih mudah dalam memahaminya.
  • Materinya terkesan unik dan fokus utamanya adalah bagian intinya saja

Fungsi Resume

Berikut merupakan fungsi dari resume:

  • Menjadikan tulisan yang semulanya panjang lebar menjadi ringkas dan kaya makna.
  • Tulisan yang ringkas, padat dan penting akan mudah diingat.
  • Memudahkan penyampaian materi karena telah terkonsep.
  • Memudahkan pembaca menerima materi yang disampaikan.
  • Lebih mudah mengingatkan materi yang telah lalu karena tinggal membaca ulang dari resume yang telah dibuat.

2. Jenis-Jenis Resume

Resume terdiri dari beberapa jenis yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Abstrak Abstrak adalah salah satu jenis resume yang berupa ringkasan isi dari sebuah karya ilmiah. Tujuan adanya abstrak pada suatu karya ilmiah adalah membantu pembaca agar dapat dengan mudah dan cepat memahami tujuan penulisan suatu karya ilmiah.
  2. Ikhtisar Ikhtisar adalah jenis resume yang disajikan dengan singkat dengan tidak mempertahankan urutan karangan asli dan tidak memberikan isi karangan tersebut secara proporsional.
  3. Ringkasan Stricto Sensu Ringkasan stricto sensu adalah jenis resume yang hanya merangkum pemikiran utama dengan menggunakan kata-kata sendiri. Biasanya, dalam penyusunannya harus mengikuti proporsi dan urutan naskah asli tanpa menambahkan pandangan pribadi.

3. Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar

  1. Membaca Naskah Asli Baca naskah sampai selesai dan berulang-ulang. Sehingga, kamu mengerti isi naskah atau bacaan yang disampaikan penulis. Saat membaca naskah, kamu perlu membawa alat bantu untuk memahami suatu kata yang belum dipahami. Itu sangat berguna ketika membaca naskah. Alat bantu tersebut berguna untuk membantu memahami sebuah kalimat dalam naskah.
  2. Menemukan Gagasan Utama Caranya kamu dapat menemukan gagasan utama dengan mencari kalimat penting. Kalimat penting itu biasanya sudah merangkum beberapa gagasan utama. Kamu dapat melakukannya dengan menulis ulang kalimat penting tersebut. kamu juga bisa menggaris bawahi kalimat yang mengandung gagasan utama.
  3. Menulis Resume Mulailah menulis resume. Kalimat yang diperoleh dari gagasan utama ditulis sesuai dengan naskah asli. Perlu diperhatikan bahwa dalam menulis resume tidak boleh menambah pendapat pribadi. Dalam menulis resume gunakan bahasa yang bisa dicerna siapa saja. Tidak perlu menggunakan bahasa bertele-tele. Cukup menggunakan bahasa sendiri, namun tetap memuat isi naskah.
  4. Membaca Ulang Resume yang Dibuat Periksa kembali dengan membaca ulang resume yang telah dibuat. Ini merupakan antisipasi bila terdapat kesalahan dalam penulisan. Diantaranya yang bisa kamu lakukan seperti: Periksa ejaan yang benar, periksa tanda baca, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan terakhir dan periksa ulang kesesuaian isi naskah asli dengan resume.

4. Contoh Resume yang Baik dan Benar

Untuk kamu yang mungkin memiliki kesibukan sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan riset mengenai topik yang diangkat atau mencari referensi pendukung, kamu dapat mempercayakan tugas mu kepada orang yang telah berpengalaman dalam membuat tugas. Ya, benar, joki tugas. Tak perlu khawatir karena tugasmu akan selesai dengan baik serta datamu dijamin tidak akan bocor, lho.

Bagi kamu yang tertarik, jasa joki tugas terbaik untuk menyusun resume adalah Buatin Tugasku. Buatin Tugasku merupakan sebuah platform untuk membantu kamu menyelesaikan seluruh tugas sekolah atau kuliahmu dengan cepat, aman, berkualitas, serta tentunya murah. Buatin Tugasku akan menjadi teman tugas terbaikmu.

  • Share:

Jasa Joki Tugas Paling Murah, Cepat, dan Aman

Kepoin Sekarang
Konsultasi Tugasmu Sekarang!